ARTICLES
  • MEMBUAT EFEK BOKEH DIGITAL MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

    Minggu ini saya akan memberikan tutorial membuat ‘Efek Bokeh’ dengan menggunakan photoshop. Untuk Anda bergelut di dunia photography pasti sering mendengar istilah Bokeh. Bokeh berasal dari Bahasa Jepang yang artinya “menjadi kabur”, jadi secara teori bisa diartikan foto yang mempunyai karakteristik obyek tajam (fokus) dengan latar belakang yang sangat kabur (blur) atau selective focusing.

    Proses ini sangat mudah dan saya akan menggunakan brush yang bisa dibuat sendiri. Selamat mencoba.

     

    Langkah 1

    Buat dokumen baru di Photoshop dengan ukuran 1920×1200 pixel. Isi layer background dengan warna abu-abu yang sangat gelap, bukan hitam. Jika Anda mengisinya dengan hitam efeknya tidak akan bekerja. Warna yang saya gunakan adalah #262626.

    Langkah 2

    Buat Layer baru, lalu pilih Ellipse Tool (U), dan membuat lingkaran. Gunakan warna hitam sebagai warna utama, Lalu Anda klik menu Layer> Layer Style> Blending Options. Ubah Opacity ke 50%. Setelah itu pilih Stroke. Gunakan 10px, Position>Inside lalu pilih warna Hitam untuk color.

     

    Langkah 3

    Pilih elips yang telah Anda buat lalu masuk ke menu Edit> Define Brush. Berikan nama Brush yang baru saja dibuat (terserah Anda). Sekarang Anda sudah memiliki Brush baru.

     

    Langkah 4

    Selanjutnya klik menu Window> Brushes (F5). Yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih Brush baru saja dibuat. Untuk ukuran Brush terserah, Anda tentukan sendiri. Karena nanti akan berubah. Untuk Spacing, ubah nilainya menjadi 100%. Setelah itu, pilih Shape Dynamics, lalu Scattering dan Other dynamics. Untuk selengkapnya Anda lihat gambar di bawah ini.

     

    Langkah 5

    Sebelum membuat efek bokeh mari kita membuat layer baru dan mengisinya dengan gradien warna-warni. Buat Layer baru dengan pola gradient sebagai berikut: Blend Mode adalah Overlay, Opacity adalah 100%, Style> Linear, dan Angle adalah 45 º. Warna-warna yang digunakan adalah : Kuning (# 00.085), Cyan (# 1bdaeb), Ungu (# 9b3b81), Orange (# d27e34).

    Langkah 6

    Selanjutnya buat FOLDER di dalam Pallet Layer beri nama BOKEH lalu ubah Blend Mode menjadi Color Dodge. Buat layer baru di dalam ‘FOLDER BOKEH’, pilih warna putih sebagai warna utama dan pilih Brush Tool (B). Selanjutnya Anda sapukan ke dalam kanvas dengan Tool brush dengan settingan yang tadi sudah dibuat. Untuk ukuran brush sesuaikan dengan selera Anda. Silahkan bereksperimen.

    Langkah 7

    Masuk ke Filter>Blur>Gaussian Blur. Untuk layer pertama gunakan Radius 20px.

    Langkah 8

    Buat layer baru lagi dan buat brush lebih banyak lagi. Untuk layer ke-dua ini gunakan ukuran brush yang lebih kecil dari pada brush yang dibuat diawal. Setelah itu masuk menu Filter>Blur>Gaussian Blur. Gunakan Radius 4px.

     

    Langkah 9

    Buat layer baru lagi dan ulangi langkah sebelumnya, tetapi dengan ukuran brush lebih kecil. Gunakan Blur untuk layer ini dengan Radius 1px.

    Kesimpulan
    Sekarang Anda sudah memiliki wallpaper yang bisa Anda pasang. Ide tutorial ini sangatlah sederhana, hanya mengandalkan Brush Tool. Anda dapat mencoba tutorial ini dengan bentuk yang lain, misal Kotak atau Segi Enam. Efek ini bisa juga Anda aplikasikan ke dalam photo. Have a nice day.

    Sumber : http://abduzeedo.com

     


    Suka dengan posting ini? Jangan lupa berbagi dengan yang lain

    Posted in PHOTOSHOP, TUTORIAL


    Artikel menarik lainnya:

Copyright © 2012 . All rights reserved.